MANUSIA AWAL

 

untuk sahabat toxci … harus dibaca penting untuk pengetahuan agar dapat menjelas kan pada dunia awal kehidupan manusia ….

Inspirasi terhadap tulisan ini muncul ketika saya membaca buku yang berjudul “Mapping Human History”, yang ditulis oleh Steve Olson. Buku ini memberikan kepada  saya “pupuk tambahan”

untuk manyuburkan  keimanan yang terasa semakin kerdil, karena ditimpa hawa sekuler. Hasil riset dan analisis yang diajukan dalam buku ini memperlihatkan hubungan kajian ilmiah tentang penciptaan manusia dengan ayat-ayat al-Quran mengenai penciptaan Adam.

Cakupan yang dikandung al-Quran tentang hakikat dan rahasia alam merupakan suatu keajaiban bagi manusia yang mengetahuinya. Pengetahuan tentang hal ini diperoleh melalui riset ilmu-ilmu alam yang hasilnya dipadukan dengan apa yang dijelaskan oleh  al-Quran. Salah satu aspek ilmiah yang paling banyak dibahas oleh al-Quran adalah tentang manusia. Misalnya: al-Quran membahas secara rinci tentang perkembangan janin dalam rahim ibu, pentingnya menyusui anak, kandungan madu lebah. Kemudian prinsip-prinsip fikih Islam yang diajarkan melalui al-Quran diakui mempunyai persamaan dengan prinsip-prinsip ilmiah mengenai kesehatan manusia. Al-Quran menganjurkan kebersihan, menganjurkan kawin dengan pasangan tetap, memerintahkan puasa, melarang kawin sejenis, melarang berhubungan ketika istri dalam keadaan “kotor”, melarang makan bangkai, melarang makan darah, melarang minuman keras,  melarang aborsi. Di balik semua perintah dan larangan itu terkandung hikmah untuk kesehatan manusia yang sangat identik dengan prinsip-prinsip ilmiah.

Tentang penciptaan manusia Allah berfirman dalam surat al-Tīn ayat 4: “Laqad khalaqna al-Insāna fī ahsani taqwīm” (Aku telah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk). Sebagai manusia awam, kita hanya bisa mengamati kandungan ayat ini melalui bangunan phisik tubuh manusia yang kasar yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Hasilnya memang kelihatan bahwa manusia adalah makhluk yang paling indah dibandingkan makhluk Tuhan lain yang ada di bumi ini. Padahal, selain secara “phisik kasar” dalam diri manusia terdapat bermacam keindahan dan keunikan lain yang dapat diamati, diantaranya adalah tentang elemen khusus (yaitu kromosom, sel, dan DNA) yang dapat bercerita tentang diri manusia itu sendiri, bahkan lebih shahih dibandingkan pengakuan lisan. Mungkin elemen inilah nantinya di akhirat yang akan bercerita secara benar tentang tingkah hidup yang dilakoni manusia ketika berada di dunia. Ini sesuai dengan yang terkandung dalam surat Yāsīn ayat 65. “Pada hari itu kami tutup mulut mereka, berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang mereka kerjakan dulu”. Secara hakiki kita tidak mengetahui maksud dari kata mulut (afwāhihim),  tangan (aydīhim) dan kaki (arjuluhum) yang terdapat dalam surat ini.

********

Dalam dunia sekuler, penelitian tentang manusia sangat banyak dilakukan, yang melahirkan beragam teori tentang manusia secara phisik dan jiwa. Khusus mengenai asal usul manusia muncul sebuah teori bahwa lingkungan awal kejadian manusia modern adalah berada di  Afrika, tepatnya di wilayah-wilayah sekitar Ethiopia, Kenya, Sudan, dan Uganda. Disebutkan Afrika sebagai wilayah awal perkembangan manusia adalah karena fosil (tulang-belulang) yang ditemukan di wilayah itu diyakini sebagai fosil manusia yang paling tua dari yang pernah ditemukan. Tentang evolusi manusia modern ini tercatat empat peristiwa penting. Pertama. Sekitar enam juta tahun yang lampau, populasi kera Afrika membelah menjadi dua spesies yang berbeda. Kedua. Lebih empat juta tahun yang lalu, salah satu dari spesies kera tersebut mulai berkembang sebagai kakek moyang manusia, yaitu mulai berjalan dengan dua kaki dan mulai menggunakan tangan secara khusus untuk menggerakkan dan melempar. Diyakini otak dari makhluk ini sudah lebih besar dibandingkan otak spesies kera pendahulunya. Para ahli menyebutkan makhluk ini sebagai Australopithecus. Ketiga. Sekitar dua juta tahun yang lalu, kera baru tersebut mulai mengubah  benda-benda menjadi alat-alat untuk membantu perburuan. Batu dipakai sebagai alat untuk memotong dan melempar, tulang dipakai sebagai alat untuk memukul. Inilah yang dianggap sebagai spesies pertama penyandang nama ”homo” (manusia). Keempat. Sekitar 100.000 sampai 200.000 tahun yang lampau “homo” tadi mulai berubah dan dianggap sebagai awal manusia modern. Identitasnya adalah, tubuhnya lebih kecil dibandingkan “homo” sebelumnya, dapat bergerak lebih cepat dan bebas. Inilah yang dianggap sebagai manusia modern yang menjadi cikal bakal manusia yang menyebar di di muka bumi.

Namun demikian, banyak diantara fosil yang ditemukan di wilayah lainnya, tidak memperlihatkan garis herarki yang dapat memasuki keempat kelompok manusia Afrika tadi, terutama karena tidak ditemukan generasi berikut yang menjadi turunan fosil-fosil itu serta hasil uji DNAnya tidak mempunyai kaitan dengan manusia Afrika. Di Indonesia, ditemukan fosil yang diberinama “homo erectus”, yang diyakini berumur satu juta tahun. Di Eropa sebuah populasi yang bernama neandertal yang diyakini pernah hidup sekitar 30.000 tahun yang lalu. Inilah yang menyebabkan penelitian tentang evolusi manusia berlangsung secara rumit, ruwet, berputar tanpa arah perubahan yang jelas. Karena itu walaupun banyak orang telah meyakini temuan-temuan ini, tetapi masih sangat banyak yang merasa ragu dengan kebenaran teori tersebut. Kita sebagai muslim yang terikat dengan teori Adam sebagai manusia pertama, seharusnya tidak perlu merasa terganggu, karena teori tersebut yang masih bersifat spekulatif.

Teori ilmiah lain yang sangat menarik tentang manusia adalah, dalam tubuh manusia terdapat 23 pasang kromosom. Susunan kromosom tersebut berpasangan dua-dua yang mencerminkan dualisme jenis kelamin yang misterius. Anggota setiap pasangan kromosom yang ada dalam diri manusia adalah berasal dari sebuah kromosom keturunan ayah dan satu lagi dari keturunan ibu. Kesemua (23) pasangan kromosom yang berasal dari ayah dan ibu ini melekat secara abadi pada diri seseorang manusia sampai ia mati. Walaupun antara ibu dan ayah telah bercerai atau telah berpisah, tetapi kromosom yang ditinggalkan pada anak tetap berpelukan secara erat dan abadi. Pasangan kromosom yang unik dan aneh tersebut diberi nama dengan kromosom X dan kromosom Y.  Pada seorang perempuan (ibu), semua pasangan kromosom tersebut adalah identik (kromosom yang berjenis sama) yaitu dua kromosom X, sedangkan pada seorang lelaki (ayah) pasangan 1 sampai  pasangan 22 adalah identik (XX atau YY), namun kromosom ke 23 dari ayah adalah campuran X dan Y.

Dalam perkawinan atau untuk melanjutkan keturunan, Ibu selalu menghasilkan kromosom X, sedangkan ayah menghasilkan kromosom X dan Y. Jika kromosom X dari ayah bertemu dengan kromosom X yang terdapat dalam rahim ibu, maka akan lahir anak perempuan. Jika kromosom Y dari ayah bertemu dengan kromosom X dari ibu, maka akan menjadi anak laki-laki. Di sini terlihat bahwa kromosom Ibu bersikap pasif karena hanya menghasil kromosom X, bandingkan dengan ayah yang dapat menghasilkan kromosom Y. Oleh karena itu, ayah menjadi penentu jenis kelamin anak mereka, meskipun hal ini ada hubungannya dengan kecepatan sperma pembawa kromosom Y atau X menuju rahim ibu untuk menemukan sel telur ibu. Jadi adalah keliru, kalau seorang ayah hanya menyalahkan isterinya karena melahirkan anak yang jenis kelaminnya tidak diharapkan.

Hasil penelusuran tentang kromosom Y yang dilakukan untuk melacak garis keturunan manusia, menunjukkan bahwa Kromosom Y pada semua laki-laki di dunia ini  asalnya mengarah kepada satu kromosom Y dari seorang laki-laki yang sama yang pernah hidup pada zaman dahulu.

Setiap kromosom mengandung DNA (deoxyribonucleic acid), suatu melekul berbentuk panjang dan kompleks, namun ukurannya sangat halus, yaitu sekira-kira kalau DNA dari 46 kromosom manusia dikumpulkan maka ia tidak lebih dari sebuah zarrah (partikel debu). Yang sangat menarik adalah DNA yang sangat kecil tersebut dapat memberikan informasi tentang manusia secara mendalam dan padat. DNA juga meneruskan informasi genetika dari satu generasi ke generasi berikutnya dan membawa jejak menusia yang tak mungkin terhapus. Dari itu penelitian tentang kakek dan nenek moyang manusia juga dapat diteliti melalui garis turunan DNA ini.

Allan Wilson, Rebecca Cann dan Mark Stoneking yang disebut sebagai ahli Genetika Barkeley, meneliti tentang objek kecil lain yang tersebar dalam sel manusia yang disebut dengan mitokondrion (dalam bentuk jamak mitokondria). Mitokondria berasal dari bakteri-bakteri yang mulai hidup dalam organisme lain bersel satu lebih dari satu milyar tahun yang lalu. Dalam tubuh manusia, mitokondrion hidup secara merdeka. Karena itu, maka mitokondrion itu mempunyai DNA tersendiri yang bebas dari DNA manusia. Dalam setiap tubuh  manusia terdapat trilyunan mitokondria, dan urutan DNA dari setiap mitokondrion adalah sama. Tetapi DNA dari mitokondria yang berada dalam tubuh seseorang ada kemungkinan akan berbeda dengan DNA dari mitokondria yang terdapat dalam tubuh orang lain. Yang paling menarik dari DNA mitokondria adalah, setelah diteliti DNA mitokondria manusia  diturunkan melalui garis ibu (bukan dari garis bapak) dan berasal dari seorang perempuan tunggal. Analisis-analisis terbaru terhadap DNA mitokondria  dengan menggunakan data-data tambahan menunjukkan bahwa perempuan tersebut hidup sekitar 150.000 tahun yang lalu.

********

Uraian di atas menjelaskan tiga kesimpulan sementara yaitu, manusia modern awal diperhitungkan berasal dari Afrika dan hidup sekitar 100.000 sampai 200.000 tahun yang lalu, kromosom Y seluruh laki-laki di dunia ini adalah berasal dari seorang laki-laki tunggal yang pernah hidup, DNA mitokondria manusia  diturunkan melalui garis ibu dan ia berasal dari seorang perempuan tunggal yang diperhitungkan hidup sekitar 150.000 tahun yang lalu.

Ayat-ayat al-Quran dan al-Hadits Rasulullah jelas menyebutkan bahwa manusia berasal dari Adam, sementara kajian ilmiah (pada tahap ini) memberitahukan kepada kita bahwa manusia berasal dari keturunan yang sama. Apakah keturunan yang sama itu bernama Adam dan Sitti Hawa? Agaknya dalam hal ini, telah terdapat titik temu dari kajian ilmiah dengan ajaran Agama Islam, walau dalam keadaan masih kabur atau samar-samar. Namun kita harus memahami bahwa dalam prinsip ilmiah, ilmu akan terus berkembang yang memungkinkan nantinya akan muncul kesimpulan lain tentang hal ini, yang diperoleh melalui riset lebih lanjut.

Apabila kenyataan ilmiah ini dipadukan dengan teori munculnya homo Afrika pertama yang disebut di belakang, maka kalau Sitti Hawa dan Adam benar hidup sekitar 100.000 sampai 200.000 tahun yang lalu, maka mereka tidak hidup hanya berdua di atas muka bumi, karena terdapat kelompok jenis homo yang lain. Anehnya mengapa hanya DNA mitokondria dari seorang perempuan dan mengapa hanya kromosom Y dari seorang lelaki saja yang menjadi sumber perkembangan manusia.

Bagaimana dengan homo (manusia) lain segenarasi Adam dan Sitti Hawa ? Jawaban terhadap pertanyaan ini, mungkin dapat dihubungkan dengan pandangan malaikat ketika mengajukan pertanyaannya tentang manusia kepada Allah, seperti yang terdapat dalam al-Baqarah ayat 30. “Ataj’alu fīhā man yufsidu fīhā wa yasfikud dima’. (Apakah Engkau akan menciptakan makhluk yang akan menciptakan huru-hara di atas muka bumi). Dalam hal ini, mungkin homo lain telah punah karena sering berkelahi dan menumpahkan darah sesamanya, atau kemungkinan lain adalah mereka tidak sanggup melanjutkan keturunan karena kalah bersaing. Darwin menyebutkan istilah survival for the fittest. Ungkapan ini dapat ditafsirkan bahwa makhluk yang paling pantas untuk bertahan adalah makhluk yang kuat dan pintar.

Kesamaan asal usul manusia menunjukkan bahwa semua manusia adalah saudara sedarah dan berada pada derajat yang sama dalam semua hal, ras, warna kulit, adat-budaya, agama, dan negara. Perbedaan-perbedaan yang muncul secara fisik dan material, menurut Allah hanya untuk ta’ārafu (saling kenal mengenal), dan yang membedakan antar manusia adalah “Inna akramakum ‘Inda Allah atqākum” (Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling taqwa). Mengapakah kita mesti egois menyebut diri dan kelompok kita yang paling hebat ??????

Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s